Rabu, 14 September 2016

unsur periode ke 3

Dari namanya juga sudah kita ketahui sebagai unsur periode ketiga, berarti unsur-unsur ini di  antaranya adalah : Natrium(Na),magnesium(Mg), aluminium(Al), silikon(Si), fosfor(P), sulfur(S), klorin(Cl) dan argon(Ar). Unsur tersebut terletak dalam golongan yang berlainan, berikut tabel mengenai letak unsur periode 3:


Na
Mg
Al
Si
P
S
Cl
Ar
IA,IIA,IIIA (Logam)
IVA (Metaloid)
VA,VIA,VIIA (Non-metal)
VIIIA (gas mulia)

Sifat dan Ciri Unsur Periode ketiga 


Unsur-unsur yang ada di dalam periode ketiga terdiri dari unsur logam (Na, Mg, Al), metaloid (Si), nonlogam (P, S, Cl), dan gas mulia (Ar). Dari tabel dapat dilihat bahwa keelektronegatifan unsur-unsur periode ketiga semakin ke kanan semakin besar diakibatkan oleh jari-jari atomnya yang semakin ke kanan semakin mengecil. Kekuatan ikatan antar atom dalam logam meningkat (dari Na ke Al). Hal ini berkaitan dengan pertambahan electron valensinya. Dalam periode ketiga, letak logam disebelah kiri, makin ke kiri sifat logam semakin reaktif, Na >Mg> Al. Jadi Na paling reaktif.

Na
Mg
Al
Si
P
S
Cl
Ar
IA,IIA,IIIA (Logam)
IVA (Metaloid)
VA,VIA,VIIA (Non-metal)
VIIIA (gas mulia)

Sifat dan Ciri Unsur Periode ketiga 


Unsur-unsur yang ada di dalam periode ketiga terdiri dari unsur logam (Na, Mg, Al), metaloid (Si), nonlogam (P, S, Cl), dan gas mulia (Ar). Dari tabel dapat dilihat bahwa keelektronegatifan unsur-unsur periode ketiga semakin ke kanan semakin besar diakibatkan oleh jari-jari atomnya yang semakin ke kanan semakin mengecil. Kekuatan ikatan antar atom dalam logam meningkat (dari Na ke Al). Hal ini berkaitan dengan pertambahan electron valensinya. Dalam periode ketiga, letak logam disebelah kiri, makin ke kiri sifat logam semakin reaktif, Na >Mg> Al. Jadi Na paling reaktif.

Silikon merupakan semi-konduktor/isolator karena termasuk metaloid. Unsur ini mempunyai ikatan kovalen yang sangat besar, begitu juga dengan fosfor, belerang, dan klorin yang merupakan isolator karena termasuk non-logam.

Unsur Na, Mg, Al, Si, P, S berwujud padat pada suhu kamar karena unsur-unsur tersebut memiliki harga titik leleh dan titik didih di atas suhu ruangan (di atas 250C). Sedangkan unsur Cl dan Ar berwujud gas karena memiliki titik leleh dan titik didih di bawah suhu ruangan. Wujud itu mempengaruhi kerapatannya masing-masing. Selain itu Mr juga mempengaruhi kerapatan. Seperti yang kita tahu bahwa kerapatan benda Padat lebih besar dibanding Gas. Meskipun P dan S memiliki wujud padat, tetapi tetap saja kerapatannya lebih renggang dibanding Na sampai Si, karena strukturnya sederhana. Oleh karena itu, kerapatan Na sampai Si akan meningkat kemudian turun lagi mulai dari P sampai Ar.

Jari-jari atom berkurang dari Na sampai Cl. Jumlahnya nomor kulit unsur di periode yang sama adalah sama. Maka dari itu, jumlah nomor kulit di periode yang sama tidak berpengaruh pada jari-jari. Tetapi, karena semakin kanan nomor atom akan semakin bertambah, maka muatan inti akan semakin bertambah yang berakibat penarikan elektron valensi semakin kuat. Hal itu membuat jari-jari semakin kecil. Jadi Nomor atom berbanding terbalik dengan jari-jari. Kecuali Argon, karena argon tidak membentuk ikatan, maka kita hanya dapat menghitung jari-jari van der waals.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbvHrQn48iSKxqEU_U9MJlAQnmt55hb1jh0z90J_lafDa9Oib9ZF5Wwd6bLRCWf-80G9DTMSBz1Lo0WGsTx_sIDgs_QlhDbNZPeNM3qKglGIXECz1YApJYKEz8iOAaSnfT1yjkAtQPITM/s400/Screenshot_5.jpg

Dari tabel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, Harga E°red dari kiri (Na) ke kanan (Cl) terus meningkat. Berarti dari kiri ke kanan, kemungkinan direduksi akan bertambah yang artinya unsur yang berada di kiri lebih sulit direduksi (oksidator lemah) dan yang kanan lebih mudah direduksi (oksidator kuat).
Dapat dilihat bahwa natrium merupakan reduktor terkuat, sedangkan klorin merupakan oksidator terkuat. Meskipun natrium, magnesium, dan aluminium merupakan reduktor kuat, tapi kereaktifannya berkurang dari Na ke Al. Sedangkan silikon merupakan reduktor yang sangat lemah, jadi hanya dapat bereaksi dengan oksidator-oksidator kuat, misalnya klorin dan oksigen. 
Di lain pihak selain sebagai reduktor, fosfor juga merupakan oksidator lemah yang dapat mengoksidasi reduktor kuat, seperti logam aktif. Sedangkan belerang yang mempunyai daya reduksi lebih lemah daripada fosfor ternyata mempunyai daya pengoksidasi lebih kuat daripada fosfor. Sementara klorin dapat mengoksidasi hampir semua logam dan nonlogam karena klorin adalah oksidator kuat.
Dari kiri kekanan umumnya energi ionisasi cenderung meningkat hal ini disebabkan karena jumlah kulit yang terisi pada unsur-unsur periode tiga tetap sedangkan jumlah elektron valensi yang mengisi kulit terluar semakin banyak sehingga gaya tarik inti semakin kuat dan sehingga kereaktifannya juga menurun. Pada unsur Al (elektron 3p1 terikat tapi lemah) dan S (elektron 3p4 cenderung melepas 1 elektron agar menjadi setengah penuh) terjadi penyimpangan energi ionisasi yang disebabkan karena konfigurasi electron Al dan S kurang stabil. Jadi, Mg akan  lebih besar ionisasinya disbanding Al. P akan Lebih besar ionisasinya dibanding S, karena stabil. Jadilah berikut grafiknya :


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC8W7RrX3WIwXfZ8sGOC82ogZ9Tn3u9qpLudWc6irJ7vXSQ2N_WQSczoMzKHQUL6fX8rkVMXVNZB0Ti8GDCH6ufomJN6XSfV1KJt80eq2RTrIiK1e4kwJSzsAFPbHbE2-IaG9bXGkfvYQ/s320/energi-ionisasi.jpg

Energi Ionisasi juga berpengaruh pada sifat asam dan basa. Jika energi ionisasinya tinggi maka semakin sukar melepas electron. Penyebabnya elektron dari unsur tersebut akan kurang tertarik kearah atau oksigen sehingga kecenderungan untuk membentuk ion OH- menjadi berkurang. Jadi, yang berenergi ionisasi tinggi akan  cenderung berkurang sifat basanya. Pada dasarnya sifat basa berkurang dari kiri ke kanan.

Contoh Reaksi Pada Periode ketiga 

Reaksi dengan Air (H2O) 

1.    Natrium

Natrium mengalami reaksi yang sangat eksoterm dengan air dingin menghasilkan hidrogen dan larutan NaOH yang tak berwarna. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrwjajoCLtJBPnWXcBfGeD-01ICMUNLSpbXa3tzlHPOMAerqLpoXDk_z7FZp4iSzO7XvFSXOteiwjfAQvK-8WIbZfGjHMhNXHpZpoAuMDI8GbS14pZa3XmQJ3Y3K1pGe1GiQncQoBFqN4/s1600/reaksi1.jpg

 2.    Magnesium

Magnesium mengalami reaksi yang sangat lambat dengan air dingin, tetapi terbakar dalam uap air. Lempeng magnesium yang sangat bersih dimasukkan ke dalam air dingin akhirnya akan tertutup oleh gelembung gas hidrogen yang akan mengapungkan lempeng magnesium ke permukaan. Magnesium hidroksida akan terbentuk sebagai lapisan pada lempengan magnesium dan ini cenderung akan menghentikan reaksi. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuXTFdqUI4O2gfSCFq-ZhuGZ7Zgz3lLr29yw5fF6wgLyJn8K662Z_nl-SjlBxFJS5XMbr9UafKK1FFMMfaStcAjOm49IHMOfoCqBDNP9hImwUtqyBOOtyPAPteztO_hQQVwGYDx3pdsso/s1600/reaksi11.jpg

Magnesium terbakar dalam uap air dengan nyala putih yang khas membentuk magnesium oksida dan hidrogen.  

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLoqlzkkajVTU7vTpsHb0HTwlgam7Y7VPj1CwnqoXCfURt2VNrSb4pquH3rnaIsDEcj_01VWwBrQv5FhS0GZsm9sSdTU03t4JG-M9pYHselwlchsfU9R-N6q4Dz_L8jB88kgqHkwYSpKo/s1600/reaksi111.jpg

3.   Aluminium

Serbuk alumunium dipanaskan dalam uap air menghasilkan hidrogen dan alumunium oksida. Reaksinya berlangsung relatif lambat karena adanya lapisan alumunium oksida pada logamnya, membentuk oksida yang lebih banyak selama reaksi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidfSLX16I4j9vtZfWRTEj_-Kvy0ddqQnanJWN8hh5aDJL9lgaxL35COigrB6CLvrr0JS2jfm6K6RAGStREMyzCt5Syl0LmZ_3XR8KiDGy4wN2MKxu8bTQ8m3KrHQ3hphFQT3TLnQwDrj4/s1600/reaksi12.jpg




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.