Rabu, 14 September 2016

macam macam artikel bahasa sunda

Macem-MacemArtikelSunda

Upamanilik kana eusinaartikeltehdibagijadi 5, nyaeta:
  1. ArtikelNarasi, nyaetaartikelanunyaritakeunsituasiatawakanyataanbohdumasar kana runtuyanwaktuboh kana runtuyankajadian. Dina artikelnarasitangtubae kudu ayatokohna. Sakumahaumumnadinacarita, dicaritakeunlalampahansitokohdinanyanghareupanhijikaayaan, konflikjeungpaitpeukeurnakahirupan.
2.      ArtikelDeskripsi, nyaetaartikelanungagambarkeunkaayaanatawakajadianluyujeungkanyataanatawafaktanepikakabayangku nu maca.
3.      ArtikelEksposisi, nyaetaartikelanumedarhijijejer. Bisamangrupanpedaran, ngeunaanwangenan, atawabagiantinagunanahijikonsepatawabisaogemangrupalengkah-lengkah, cara-cara, atawa proses migawehijihal.
4.      ArtikelArgumentasi, nyaetakarangananudiwuwuhankualesan-alesan, kasangtukangnamangrupakritik kana hijiperkaraatawapamadegan. Cirinabiasanaayaopini (sawangan/kamandang) pribaditapididasarankufaktajeungnepikakatasimaka nu maca.
5.      Artikelpersuasi, atawadisebutogeartikelpangjurunglakuatawamotivasianueusinamangrupapangajakpikeunngalakukeunhijihalanudianggapayamanfaatna.

Pembahasan :
Di dalambahasadaerahyaknibahasasundaterdapatartikel yang dapat di bagimenjadi 5 macam :
a.       ArtikelNarasi
b.      ArtikelDeskripsi
c.       ArtikelEksposisi
d.      ArtikelArgumentasi
e.       ArtikelPersuasi
Artikeltersebutdapatberupaparagrafyang meliputi :
A.    ParagrafNarasi
Paragrafnarasiadalahbentukparagraf yang menceritakanserangkaiankejadianatauperistiwa yang disusunberdasarkanurutanwaktuterjadinyakejadiantersebut.
Ciriciriparagrafnarasi :
a.Terdapattokoh, tempat, waktu, dansuasanadalamcerita
b.Mementingkanurutanwaktumaupunurutanperistiwa
c.Digunakandalamkaryafiksi ( cerpen,novel,roman) maupundalamtulisand.Nonfiksi (biografi, ceritanyatadalamsuratkabar,sejarah,riwayatperjalanan).
Contoh :
“Suatusiang yang terikterlihatgadisituberjalandenganmempercepatlangkahnyauntukmenujupinturumahnyasepertiketakutanakanada yang memergokikedatangannya.Dengansusahpayahpinturumah pun di bukanamun, mukanyabergantidengan rasa terkejutkarenalelakitersebut yang membukakanpintunya..”
B.     ParagrafDeskripsi
Paragrafdeskripsimerupakangagasanpokok yang menggambarkansuatuobjeksehinggaparapembacaseakanbisamelihat, mendengar, ataumerasaobjektersebut.Tujuannyaadalahuntukmerasakansendiridarisemua yang ditulisolehpenulis.Objektersebutdapatberupa orang, benda, atautempat.
Ciriciriparagrafdeskriptifyaitu :
a.Berisibacaan yang melukiskanobjektertentu (orang, tempat, keindahanalamdll)
b.Pembacabisaterbawakedalamalurceritakaryatulistersebut
Contoh :
“Mahasiswiituterlihattinggisemampaidenganbalutankebayaberwarnamerah yang membuatkulitbadannya yang kuninglangsattersebutnampaksemakincantik.Wajahnyadihiasimatabulat yang bersinardandisertaibulumata yang tebal…”

C.     ParagrafEksposisi
Paragrafeksposisimerupakanjenisparagraf yang tulisannyamemberikaninformasimengenaisebuahteori, teknik, kiat, ataupetunjuksehingga orang yang membacanyaakanbertambahwawasan.
Ciri-ciriparagrafeksposisimeliputi :
a.Mengandunginformasi di dalamnya
b.Karyatulis yang bersifatnonfiksiatauilmiah
c.Bertujuanmenjelaskandanmemaparkan
d.Berdasarkanfakta
e.Tidakbermaksudmempengaruhi
Contoh :
“Bantuanuntukparakorbanmusibahgempa yang terjadi di Yogyakarta sampaisaatinibelummerata.Keadaantersebutkemudianmelibatkanbeberapawilayahmengalamikekuranganbahanpangandanalat-alatkebutuhansehari-harisepertipadawilayahBantuldanMuntilan..”
 D.  ParagrafArgumentasi
Paragrafargumentasiadalah paragraph yang berisi ide ataugagasandengandiikutialasan yang kuatuntukmenyakinkanpembacadenganisinya yang mengemukakansuatupendapat yang diyakini.
Ciriciriparagrafargumentasimeliputi :
a.Untukpenulisankaryatulis yang bersifatnonfiksiatauilmiah
b.Memberikanasumsi yang bertujuanuntukmemberikankeyakinankepada orang lain, bahwaapa yang dikemukakanmerupakankebenaran
c.Menyertaibukti-bukti yang mendasariargumentersebutberupa data, tabel, gambardansebagainya
d.Terdapatkesimpulan di akhirparagraph
Contoh :
“Polusiudaradanlingkunganhampirterjadi di seluruhdunia, bahkan di Indonesia yang terutamaterjadipadakota-kotabesar.Kendaraanbermotor yang semakinbanyak, asappabrikdanlimbahnyaadalahcontohnya, yang dapatmengakibatkankerugian yang cukupbesar, sepertiudaramenjadikotordantidaksehat…”
E.ParagrafPersuasif
Paragrafpersuasifadalahparagraf yang bertujuanmeyakinkandanmembujukpembaca agar melaksanakanataumenerimagagasanpenulisterhadapsuatuhal.
Ciriparagrafpersuasif :
a.Terdapatbuktidanfakta yang mempengaruhiataumembujukpembaca
b.Tulisan yang mendorongdanmempengaruhidalamsuatuhal
c.Bahasa yang digunakandibuatmenarikuntukmemberikankesankepadapembaca
Contoh :
” Penggunaansayuranorganikdalambahanmakanandirasakanlebihsehat ,awet, danlebihenak. Selainitu, penjualansayuranorganikakanlebihmenguntungkandaripadasayuranbiasa..”
Sumber :
https://ranggajatirakasiwi.wordpress.com/2014/11/01/jenis-jenis-paragraf-dan-contohnya/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.